Sejarah Singkat

Program Studi Magister dan Doktor Manajemen Agribisnis UGM berupaya mendidik mahasiswa agar menjunjung tinggi kejujuran, keterbukaan dan kepedulian terhadap kepentingan masyarakat. Hal ini tercermin pada proses pembelajaran dalam berbagai kegiatan kuliah, diskusi, seminar, widyakarya dan penelitian tesis, serta dalam pengelolaan program yang bercirikan transparansi, keterbukaan dan memperdulikan kepentingan mahasiswa dan stakeholders.

Pada awalnya Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian mempunyai program studi S-1 Sosial Ekonomi/Agrobisnis dan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP). Mengingat perkembangan sektor pertanian nasional menuju sistem pertanian yang berbasis agribisnis dan ditunjang oleh SDM yang memadai maka dirasakan sangat perlu untuk segera mengembangkan Program Studi Manajemen Agribisnis yang terpisah dari Program Studi Ekonomi Pertanian UGM di level S-2. Dengan demikian Jurusan mempunyai dua Program Studi S-2, yaitu Program Studi Ekonomi Pertanian dan Magister Manajemen Agribisnis. Program Studi Magister Manajemen Agribisnis UGM ini diselenggarakan sejak tahun ajaran 1999/2000.

Program Studi Magister Manajemen Agribisnis UGM diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 208/DIKTI/Kep/1999 tertanggal 6 Mei 1999 dengan terakreditasi “A” berdasarkan SK BAN-PT Nomor : 145/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2015.

Program Studi Magister Manajemen Agribisnis UGM menekankan pada pembahasan dalam manajemen agribisnis dengan dasar ilmu-ilmu pertanian, manajemen, akuntansi, ekonomi, dan analisis kuantitatif, yang sesuai dengan perkembangan pendekatan pembangunan pertanian yang berorientasi pada sistem agribisnis. Kelebihan dari Program Studi ini antara lain adanya studi kasus agribisnis aktual yang mencakup sub-sistem agribisnis (on-farm, off-farm dan pendukung) dan sub-sektor pertanian (tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, kehutanan, perikanan, dan peternakan).

Sejak tahun 2009, Program Studi Magister Manajemen Agribisnis UGM dipercaya untuk menjadi salah satu minat studi Program Doktor pada Program Studi Ilmu Pertanian, sehingga sejak tahun 2009, Program Studi Magister Manajemen Agribisnis UGM tidak hanya merupakan Program Studi Magister (S-2), namun juga menjadi Program Doktor Minat Studi Manajemen Agribisnis.

Sejalan dengan visi Universitas Gadjah Mada, Program Doktor Manajemen Agribisnis diharapkan mampu bersaing secara national dan internasional. Program ini merupakan program terstruktur yang diampu oleh dosen dengan kualifikasi akademik lanjut dalam pendidikan dan penelitian, serta memiliki reputasi akademik baik ditingkat nasional maupun internasional.

Program Doktor Manajemen Agribisnis merupakan program yang berlandaskan penelitian dan pengajaran dalam rangka meningkatkan kapasitas manajerial sekaligus memberikan kontribusi ilmiah ilmu manajemen agribisnis. Program ini di satu sisi mengandung ciri tradisional program doktor, yaitu penguasaan teori dan konsep serta akurasi dalam berfikir dan menganalisis. Pada sisi lain, program ini juga menekankan pentingnya penerapan teori dan hasil analisis, guna memecahkan masalah-masalah praktis yang dihadapi di dunia agribisnis.

Program Magister dan Doktor Manajemen Agribisnis UGM berkedudukan di Jalan Flora-Bulaksumur, Yogyakarta, Telp. (0274) 555675, Fax. (0274) 555676, e-mail: mma.faperta@ugm.ac.id maupun situs MMA UGM yang dapat diakses melalui web-site dengan homepage  www.mma.faperta.ugm.ac.id